Seurieus Cari Vocalis Baru !

Desember 31, 2008 at 3:27 am (MUSIC)

CandiL (eX serious)

CandiL (eX serious)

Band rock asal Bandung, Seurieus, baru saja ditinggal Candil (vocal) dan Ezzy (keyboard). Namun mereka tak mau berlarut-larut dalam suasana kehilangan tersebut. Pengumuman pencarian vocalis baru pun segera mereka umumkan.

________________________________________________

Seurieus membuka kesempatan untuk semua SerdaduROCK untuk kesempatan ini, kirimkan saja semua data tentang kalian, Photo, Contoh Suara, Video kalian sedang perform dan Data Diri kalian.

Kirim ke
PO BOX 6571 JKSDW 12160A

Kesempatan ini terbuka lebar untuk semua SerdaduROCK, cowo, cewe, yang memiliki talenta terpendam, karakter suara UNIK, ngeROCK tentunya, dan ingat, kalian tidak perlu bersuara seperti Candil, karena kita tidak mencari pengganti Candil, kita membutuhkan seorang Vokalis! yang mampu berkomitmen untuk bareng SeurieuS untuk ngeROCK belantika Musik Indonesia.. cepat kirimkan! kita akan ngeROCK bareng!!!

________________________________________________

Pengumuman ini dikeluarkan menyusul hengkangnya Candil dan Ezzy. Mengenai alasan keluarnya dua punggawa band tersebut, berikut kami tampilkan press release yang dikeluarkan oleh management Seurieus.

________________________________________________________________________________
JAKARTA, Senin 24 November 2008. Unit band asal Bandung, Seurieus yang dikenal lewat single kuat dengan kadar humor yang kental dan begitu populer seperti ”Rocker Juga Manusia” ”Izinkan” dan ”Musik Jazz” akhirnya di akhir tahun 2008 ini harus berpisah dengan dua personelnya. Vokalis Dian Dipa Chandra alias Candil serta kibordis Ezard Juliando alias Ezzi memutuskan untuk keluar dari band yang telah melahirkan 3 buah album di bawah bendera Musica Studio’s, Rocker Juga Manusia [2004], Heart Rock [2006], dan Serdadu Rock [2008]. Sebelumnya Seurieus merilis album Rocks Banget [2003] lewat label milik mereka sendiri, GeusRieut Records.

————————–

”Sepertinya kami memutuskan akhirnya harus berpisah. Saya pribadi mulai jenuh dan stagnan dengan kondisi band saat ini. Tapi ini ternyata saya hadapi sendiri. Teman-teman yang lain tidak merasakan hal yang saya alami. Di Seuriues saya seperti tidak mendapatkan apa yang di hati ini inginkan. Tadinya saya belum memutuskan untuk keluar. Saya ingin minta cuti dahalu. Namun ternyata visi dan misi saya dengan personel lain sudah tidak selaras. Saya memutuskan untuk resign dari band. Keputusan yang berat bagi saya,” papar Candil.

Namun keluarnya Candil ternyata berimbas pula dengan keluarnya kibordis Ezzi. ”Saya harus memilih dari yang terjadi sekarang. Awalnya saya memang ada kerjaan lama yang ingin saya teruskan, kerjaan mengajar. Saya pikir akan bisa membagi dua pekerjaan ini secara bersama-sama. Sebagai anggota Seurieus dan juga sebagai pengajar. Namun dengan keluarnya Candil saya harus memilih. Tidak boleh saya di dua pekerjaan dengan waktu dan energi yang sama-sama harus saya keluarkan dengan maksimal untuk saat ini. Saya harus memilih, dan dengan berat hati saya memutuskan untuk keluar dari Seuriues.”

_______________

Dengan rontoknya dua personel Seurieus, otomatis band dengan aksi panggung memukau ini tinggal menyisakan pemain gitar ganda mereka: Ramah ”Koko” Handoko dan Dinar Hidayat, bassis Mulki Nazmulhakim dan drummer Erwin ”Hayam” Yulista. Sebuah pukulan berat bagi mereka berempat. Tapi kuartet ini sepakat apapun yang terjadi the show must go on.

”Ini berat sekali bagi kami berempat. Apalagi Candil itu sangat kuat melekat di Seurieus. Kami jujur kaget sekali dengan keputusan Candil dan kemudian Ezzi yang harus meninggalkan kami. Jujur saja kami sangat menyayangkan hal ini terjadi. Karena kami membangun semua ini tidak pendek, cukup lama jalan yang kami lalui bersama. Banyak hal yang kami dirikan dengan suka dan duka. Namun yang pasti kami berempat akan meneruskan amanat untuk mengibarkan bendera Seurieus. Seurieus tidak akan bubar. Kami masih tetap ada,” kata Dinar optimis.

Hayam juga menegaskan, ”Ke depan kami akan tetap jalan. Kami akan konsentrasi untuk mencari vokalis terlebih dahulu. Kami ingin mencari yang karakternya berbeda dengan Candil. Tidak mencari pengganti Candil. Untuk saat ini kami ingin mengajak vokalis tamu dahulu.”

Sependapat dengan yang lain Koko mengatakan ”Yang utama saya ingin menjaga yang tersisa tetap semangat, kami harus saling menyemangati sendiri dulu. Kami ingin tetap menyatu dahulu. Saling memahami. Seuriues formasi berikutnya atau Seurius MK II akan mencari materi baru dengan vokalis baru. Kami akan melebur bersama vokalis baru ini. Karakter akan disesuaikan. Kami tidak mau terjebak dengan image lama kami. Namun yang pasti kami harus memberi semangat satu sama lain. Itu yang paling penting saat ini. Membuat yang berempat tidak tercerai-berai.”

Mulki juga merasakan bahwa musik adalah passion mereka, ini bukan hanya sebuah job, tapi ini memang jalan hidup dan mungkin bagi empat personel tersisa bisa lebih hancur lagi kalau tidak bermusik. ”Seurieus pasti akan maju terus. Sisi positif dari kejadian ini adalah Seurieus bisa mendapat penyegaran yang sudah lama kami idam-idamkan. Vokalis kami yang baru nanti tidak harus seperti Candil. Justru perubahan yang harus Seurieus tawarkan untuk ke depannya nanti. Dan kami sadar bahwa itu akan berat, tapi ternyata teman-teman musisi banyak yang mendukung kami dan menawarkan banyak sekali bantuan kepada Seurieus untuk membangun kembali bangunan ini. Kami bukan One-man-show band. Jadi hilangnya satu-dua orang tidak akan bisa menghancurkan kami.”

Band jebolan Fakultas Seni Rupa ITB yang berdiri pada tahun 1994 ini kerap disebut mengedepankan genre musik Hepi Metal [Happy Metal], yaitu sebuah aliran musik rock dan metal yang dibalut dengan unsur gembira. Menurut terminologi versi mereka. Seurieus berasal dari kata “Seuri” dalam Bahasa Sunda yang berarti Tertawa. Pada awalnya, Seurieus memiliki nama “Sulit tapi Seurieus” yang mempunyai arti “Walaupun dalam keadaan sulit kita tetap Tertawa”, begitulah kira-kira artinya gampangnya, karena dari sejarahnya, nama ini muncul ketika mereka sedang pusing-pusingnya menghadapi Pameran Karya yang harus di lakukan di akhir tahun pertama oleh setiap Mahasiswa tingkat I di Seni Rupa ITB. Namun mereka berpikir, terlalu panjang untuk dijadikan nama sebuah Band, akhirnya tersisa “Seurieus”. Karena ada akhiran “Eus”, bisa diartikan Tertawa dalam jumlah jamak atau banyak seperti akhiran S pada Bahasa Inggris, jadi Seurieus bisa diartikan “Tertawa Bersama-sama.”

________________

Indrawati Widjaja atau akrab disapa dengan panggilan Ibu Acin dari Musica Studio’s sudah pasti sangat terkejut dan begitu prihatin dengan keputusan yang terjadi dengan salah satu band asuhannya. ”Kami sangat menyayangkan apa yang terjadi dalam internal terjadi di Seurieus. Namun kami sebagai label harus menghargai keputusan yang telah diambil Candil dan Ezzi. Kami juga akan tetap mendukung karir kedepan empat personel Seurieus yang lain yang masih memiliki semangat besar untuk menegakkan bendera Seurieus dibawah bendera Musica Studio’s. Kami berharap semuanya akan baik-baik saja. Mereka menyimpan potensi yang besar dalam bermusik.”

————————

Kibordis Ezzi berharap Seurieus tetap akan jalan dan eksis di musik Indonesia tanpa kehadiran dirinya. Begitu pula vokalis Candil berharap keputusan yang diambilnya tidak membuat karir Seurieus berhenti. ”Saya harap anak-anak lain bisa mengerti dan memahami jalan yang saya pilih ini. Semoga empat orang di Seurieus yang tersisa ini tetap solid. Sinergi mereka berempat sudah sangat kompak. Saya percaya Mulki, Dinar, Koko, dan Hayam bisa meneruskan bendera Seurieus dengan baik. Saya yakin mereka bisa. Saya akan berdoa untuk mereka.”

Perpecahan dan perbedaan konsep yang kemudian menjalar dalam sebuah band kerap terjadi di band manapun di muka bumi ini, termasuk dalam sejarah band di ranah musik Indonesia. Sebuah kejadian yang tak bisa dihindari namun harus dihadapi. Untuk menyebut nama dari generasi dahulu sampai terkini: Koes Plus, Rollies, Giant Step, God Bless, Kla Project, Slank, Dewa19, Gigi, Edane, Boomerang, /rif, Ada Band, Sheila On 7, dan Peterpan telah mengalami sindrom perpecahan tersebut.

Pada akhirnya, Seurieus akan malakukan revolusi dan evolusi. Seurieus akan terus ada. Jika ini adalah sebuah kondisi yang membuat mereka berubah, diharapkan perubahan yang terjadi akan membawa sebuah warna baru yang menyegarkan. Warna baru bagi rocker yang juga manusia ini. Seurieus adalah sekumpulan serdadu rock berhati rock yang tetap menjunjung unsur rock banget dalam musikalitas mereka. Diharapkan mereka akan tampil dengan energi baru yang lebih positif dan diterima publik musik Indonesia. ****

DISCOGRAPHY SEURIEUS

1. ”Tukang Jamu” [Single] 2000 – Sony Music Indonesia
2. Rocks Banget [Album] 2003 – GeusRieut Records
3. ”Sihung Maung Bandung” – Kompilasi Persib 2 [Single] 2004 – Viking Recording
4. Rocker Juga Manusia [Album] 2004 – Musica Studio’s
5. “Apanya Dong” – Tribute to Titiek Puspa [Compilations ] 2005 – Musica Studio’s
6. Heart Rock – Ost.Jomblo [Album] 2006 – Musica Studio’s
7. “Factory Outlet” – Rolling Stone Rare & Raw Vol.02 [Single] 2007
8. Serdadu Rock [Album] 2008 – Musica Studio’s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: